Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Expo KMI) merupakan ajang pertemuan  mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang telah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha. Para mahasiswa tersebut adalah agent of change yang dapat mengubah pola pikir (mindset) mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya dari pola pikir pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator). Mahasiswa tersebut adalah para pemuda yang berpotensi menjadi pengusaha sukses dan tangguh dalam menghadapi tantangan persaingan bisnis global.

Program ini juga bertujuan untuk mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi. Expo KMI juga merupakan ajang para mahasiswa se-Indonesia untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka, ajang pertukaran ide dan kreativ itas bisnis antar mahasiswa, tempat menimba ilmu dari usahawan muda yang sukses, dan sebagai wadah memperlebar jaringan usaha. Sehingga, para mahasiswa tersebut diharapkan mendapatkan pengetahuan, ide, keterampilan, jaringan dan sikap atau jiwa wirausaha tangguh ketika mereka terjun kemasyarakat setelah mereka menyelesaikan studi mereka diperguruan tinggi masing-masing.

Hal yang tidak kalah penting dari kegiatan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia adalah terjalinnya hubungan baik antar mahasiswa dari berbagai latar belakang daerah, budaya, suku, agama, dan bahasa. Sehingga dengan terjalinnya hubungan baik antar para mahasiswa, harmoni dalam keberagaman (harmony in diversity) dan kekuatan dalam keberagaman (power in diversity) akan memperkokoh kekuatan wirausaha mahasiswa dalam mengahadapi persaingan global, serta memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, sebagai salah satu elemen bangsa, Perguruan Tinggi se-Indonesia harus ikut serta memikul beban dan tanggung jawab tersebut sebagai agen peningkatan kualitas manusia Indonesia, peningkatan ekonomi Indonesia, dan sebagai pengikat dan perajut keharmonisan ragam budaya, suku, agama dan daerah demi NKRI tercinta.